Senin, 02 Juli 2012

Pemakaman Langit (Sky Burial) Pemakaman ekstrim di Tibet



Pemakaman langit adalah tradisi adat pemakaman di Tibet.Prosesi ini diawali dengan mendoakan mayat kemudian membawa mayat ke puncak gunung tempat dimana banyak burung pemakan bangkai berada. Di puncak gunung, mayat ditelungkupkan, kemudian disayat-sayat agar mengundang burung pemakan bangkai datang. Burung-burung tersebut akan memakan seluruh bagian tubuh mayat. Kadang-kadang bagian tulang juga ditumbuk halus dan dijadikan makanan bagi burung yang lebih kecil, seperti gagak. Bagian tengkorak kepala juga kadang-kadang dibawa pulang untuk dijadikan cangkir minuman.
Kondisi geografis di Tibet yang berbukit dan berbatu membuat sulitnya mencari lahan kuburan ataupun kayu bakar untuk kremasi. Oleh karena itu, cara pemakaman langit dianggap lebih praktis dibandingkan dengan dikubur ataupun dikremasi.
Puncak gunung tempat berlangsungnya prosesi ini dipercaya merupakan jalan masuk menuju nirwana. Mayoritas penduduk Tibet merupakan pemeluk agama Buddha, di mana dalam agama tersebut dipercaya adanya reinkarnasi. Oleh karena itu, jasad yang telah meninggal tidak ada artinya lagi dan pada akhirnya akan kembali ke alam, baik melalui burung pemakan bangkai ataupun diuraikan di tanah. Dengan demikian, metode ini dipercaya akan lebih mempermudah arwah orang yang meninggal untuk sampai ke nirwana, karena telah memberikan kemurahan hati bagi burung pemakan bangkai.
Wikipedia

3 komentar:

  1. Keren...

    Kunjungan perdana.. Ane tunnggu di http://arumanblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Kaum tibet biadap semua g manusiawi g masuk akal tanah di tibet keras klo keras kenapa kog bisa banyak tumbuhan dan pohon disana klo g ada kayu lbh baik dibakar jasad y tanpa kayu kn bisa dari pada jasad orang mati dimakn burung gagak

    BalasHapus