Sabtu, 02 Maret 2013

5 Hal Berbeda yang Dianggap Sama

Banyak sekali hal-hal sepele yang tidak kita ketahui tetapi sebenarnya sangat serius. berikut 5 Hal Berbeda yang Dianggap Sama,

1. Kodok dan Katak


Ada perbedaan yang tipis antara Kodok dan Katak dalam bahasa Inggris, Katak (Frog) sedangkan Kodok (Toad). Sekilas Kodok dan Katak memang sama tetapi  mereka adalah hewan yang berbeda famili.


Berikut perbedaan antara Kodok dan Katak menurut peneliti,

Katak itu berasal dari banyak famili, bertubuh langsing, berkulit tipis dan basah, serta mempunyai loncatan yang jauh karena kaki belakangnya panjang.

Kodok berasal dari famili Bufonidae, bertubuh gempal, berkulit tebal dan kering, serta berkaki belakang pendek.


2. Kura-Kura dan Penyu


Sulit menyebutkan perbedaannya, karena kura-kura dan penyu sama-sama reptil berpelindung yang bergerak dengan lambat. Kura-kura hidup di daratan yang kering di banyak daerah di dunia yang bersuhu hangat. Mereka biasanya memiliki cangkang berbentuk kubah tinggi, dan makanan utamanya adalah tumbuh-tumbuhan.

Sedangkan penyu hidup di air tawar. Mereka memiliki cangkang datar yang memungkinkan mereka dapat bergerak lebih gesit ketika berenang. Penyu biasanya memiliki kaki yang sebagian berselaput, dan mereka memakan ikan serta binatang yang lain. Selain itu, beberapa penyu adalah pemangsa yang besar dan galak.



3. Vihara dan Klentheng


Vihara dan Klentheng memang sering dianggap sama dan dianggap remeh. Padahal kedua tempat ibadah ini berbeda. Vihara itu Bahasa Indonesia dan Klentheng adalah Bahasa Jawa tetapi faktanya tidak sesederhana itu.

Vihara adalah rumah ibadah umat Buddha sementara klentheng adalah rumah ibadah umat Tridharma. Tridharma adalah gabungan Buddha, Kong Hu Chu, dan Taoisme. Pada zaman orde baru, dua agama terakhir tadi tidak diakui pemerintah meskipun jumlah pengikutnya cukup signifikan. Akibatnya, mereka meleburkan tempat ibadahnya bersama Vihara Buddha. Ketiganya menamai diri mereka dengan sebutan Tridharma (tiga ajaran).

Klentheng masih tetap eksis meskipun agama Kong Hu Chu kini sudah diakui pemerintah. Tempat ibadah khusus umat Kong Hu Chu disebut dengan istilah Lithang. Jadi jangan lupa kalau melihat tempat ibadah yang serba merah meriah, besar kemungkinan itu milik umat Tridharma.


4. Udang dan Lobster


Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar,  air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Dan dalam bahasa Jawa biasa disebut urang.

Lobster adalah salah satu  hewan yang  berbentuk unik seolah gabungan udang dan kepiting karena mirip udang berukuran besar dengan capit mirip kepiting yang besarnya hampir menyamai badannya. Padahal banyak juga lobster yang bercapit relatif kecil atau bahkan tidak bercapit sama sekali. Dalam silsilah, lobster termasuk ke dalam filum Arthropoda, subfilum Crustacea, kelas Malacotraca, ordo Decapoda, famili Nephropidae. Dari keluarga Nephropidae tersebut masih dapat dibagi lagi ke dalam subfamili dan genera Neophoberinae, Thymopinae dan Nephropinae.


5. Notebook dan Netbook


Ukuran
Notebook biasanya berukuran antara 12 inci ke atas, sedangkan Netbook berukuran lebih kecil yaitu berukuran antara 7-12 inci.

Performa
Notebook menawarkan performa yang lebih handal, lebih cepat, dan lengkap, Netbook lebih diperuntukan untuk mengolah data seperti word, excel, powerpoint, internet, permainan ringan dsb.

Harga
Dari segi Harga Notebook berharga sekitar 3 jutaan ke atas sedangkan Netbook harganya relatif murah yaitu sekitar 2 jutaan.

Penggunaan
Notebook lebih cocok digunakan digunakan sebagai perangkat maksimal untuk mengedit, desain, bermain game dsb. Netbook lebih cocok digunakan untuk mengedit ringan sampai sedang, menjelajah internet, melihat video.

Diolah dari beberapa sumber, Wikipedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar